Web WordPress Pada VPS RAM 256 MB

Melanjutkan tulisan saya minggu lalu tentang performa dan test VPS Murah. Kali ini saya akan mencoba performa Web WordPress pada vps dengan RAM 256 MB untuk menjalankan plugin termasuk AGC. Apakah kuat? Silahkan disimak tulisan saya berikut.

FYI tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan hanya untuk pertimbangan saja bagi para pencari vps mini untuk keperluan website mereka.

Seperti yang kita tahu, umumnya VPS dengan ram dibawah 512MB hanya digunakan untuk proxy atau vpn saja. Selain vpn dan proxy juga biasanya hanya digunakan untuk project-project web HTML atau PHP ringan, karena keterbatasan resource VPS tersebut. Untuk WordPress sendiri umumnya kita gunakan vps dengan ram 512MB dan kontrol panel webuzo karena lebih mudah bagi orang awam yang hanya sekedar bisa install saja. Apalagi dengan User Interface nya yang cukup nyaman dipandang dan mudah dioperasikan membuat Webuzo sangat populer diantara Internet Marketer (terutama anak ads.id 😀 ).

Saya asumsikan anda sudah bisa menginstall WordPress di VPS, jadi saya akan langsung ke plugin dan theme saja. Disini saya menggunakan theme MySocial dari Happy Themes dan plugin sebagai berikut :

  • Jetpack
  • AGC Plugin dari Kentooz

Sebelum diinstall theme dan plugin, memory RAM tersisa sekitar 140MB. Lalu saya coba install theme dan plugin tersebut (belum disetting apapun) RAM tersisa sekitar 80MB. Selanjutnya saya coba lakukan posting menggunakan AGC 50 Post sekaligus, ternyata tidak kuat dan alhasil server kolaps, mysql mati, mendadak akses ssh dan httpd (web) tidak bisa diakses, maka saya lakukan restart vps.

Setelah restart vps, AGC saya turunkan menjadi 8 Post per jam. Ternyata hasilnya tidak mengecewakan, load naik 0.59, sementara ram hanya tersisa 5MB saja selama proses berlangsung, dan web tidak mengalami penurunan kecepatan.

Jadi kesimpulannya? VPS dengan RAM 256MB cocok untuk blog pribadi kecil-kecilan saja, atau project-project HTML/PHP skala kecil, jangan digunakan untuk blog dengan visitor besar atau bahkan AGC. Nggak kuat bray.. 😀

Selamat berburu VPS Murah, kalau nggak mau ribet ya pakai VPS Full Managed 😀

One Comment

Komentar yang baik