Cara Cepat Test Benchmark VPS

Salah satu kekhawatiran ketika membeli vps adalah “apakah kita benar-benar mendapatkan sesuai dengan apa yang ada di iklan/web?”.  Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengetahuinya? bisa dilakukan dengan cara benchmark vps. Nah kali ini kita akan mencoba melakukan benchmark test vps centos untuk melihat spesifikasi penuh dari vps yang kita dapatkan.

Ada beberapa cara dalam melakukan test, salah satunya yang terbaik menurut saya adalah dengan menggunakan serverbear, namun layanan serverbear sendiri telah ditutup pada agustus 2016 lalu.

Tapi masih ada alternatif lain yang cukup mudah dan simpel, walaupun tidak se-bagus dan se-detail milik serverbear, tetapi lumayan lah daripada tidak ada. Berikut cara benchmark vps.

Benchmark tool dari FreeVPS.us

Ini cara yang sangat sering kita temui diberbagai blog dan forum, hanya dengan mengeksekusi 1 baris perintah kita dapat mengetahui spesifikasi server, kecepatan data, dan juga kecepatan i/o. Berikut perintahnya :

#wget freevps.us/downloads/bench.sh -O - -o /dev/null|bash

Hasilnya seperti ini (Ini contoh output dari server yang saya gunakan saat ini) :

VHWINFO

Berbeda dengan milik freevps.us, VHWINFO menunjukkan spesifikasi server dan kecepatan dari cachefly saja, Berikut perintahnya :

#wget –no-check-certificate https://vhwinfo.com/vhwinfo.sh -O - -o /dev/null|bash

Atau dapat menggunakan perintah dibawah ini jika cara diatas gagal

#wget --no-check-certificate https://github.com/rafa3d/vHWINFO/raw/master/vhwinfo.sh -O - -o /dev/null|bash

Hasilnya seperti dibawah ini :

Sekian, semoga bermanfaat.

Komentar yang baik